Sebagai seorang penjual tentu anda pernah merasakan ditolak pelanggan, dimarahi pelanggan, atau bahkan diusir oleh pelanggan sebelum kita mulai menawarkan ^^. Seburuk itukah seorang sales ? tentu saja tidak, setiap perusahaan memerlukan anda, tanpa anda perusahaan hanya akan menyimpan semua hasil produksinya digudang penyimpanan, tanpa anda seorang Prof. Dr. Ir, mungkin tidak akan mendesain sebuah produk lagi untuk perusahaan, karena produk tersebut tidak dapat dijual.
Jadi pada intinya anda hanya perlu YAKIN, bahwa pekerjaan ini menjanjikan buat karir anda dan cukup untuk menghidupi keluarga anda. Sekarang bagaimana kita meyakinkan diri kita bahwa kita mampu menjadi seorang sales yang sukses, yang mampu memenuhi target setiap bulan ?
Dalam setiap industri selalu ada yang disebut dengan sales formula. Contohnya, dalam industri property, seorang agen propery selalu diberi rumusan "30:1". Hal ini artinya, dari 30 rang yang mengunjungi sebuah rumah, maka satu orang akan membeli rumah tersebut. Bilangan yang tradisional dalam agen asuransi adalah "10:3:1". Hal ini berarti baha jika anda bertemu dengan 10 orang, maka 3 orang akan tertarik mendengar persentasi secara rinci dan 1 orang pasti akan membeli dari anda. Apakah ada kata "pasti" ?
Disinilah letak psikologi penjualan yang harus kita tanamkan, yakin lah setiap rumusan yang anda ciptakan akan berhasil, dan yakinkan diri anda sendiri bahwa kepastian memang ada. Mengapa harus seperti itu ?
Sebagai contoh, anggap saya memberi JAMINAN kepada anda, bahwa dari 10 orang yang akan anda temui, 9 diantaranya akan menolak dan 1 orang akan PASTI membeli dari anda (DIJAMIN 100%). Bagaimana perasaan anda ? Penuh harap atau depresi ?. kemungkinan anda akan senang karena jika bertemu 10 orang, 1 orang DIPASTIKAN membeli dari anda
Hal ini berarti bahwa saya dapat menghadapi 9 penolakan dengan rasa OPTIMIS, PENUH HARAPAN, dan KEGEMBIRAAN sebab saya tahu bahwa dalam setiap penolakan yang saya alami, saya MAJU SATU LANGKAH untuk mendapatkan penerimaan. Hal ini akan membuat kesan jika pelanggan berkata "TIDAK", anda masih memiliki antusiasme dan banyak energy positif yang anda pancarkan yang dapat mempertahankan keyakinan anda.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat buat anda semua. see u ^^
0 komentar:
Posting Komentar